kisah para sahabat nabi dan waliyullah dalam melaksanakan shalat


Assalammualaiku, berikut ada beberapa kisah dari sahabat nabi dan para waliyullah yang saya  yang semoga dengan kita mengetahuinya dapat menambah kekhusuan kita dalam melaksanakan shalat. Semoga ada manfaatnya buat rekan-rekan sekalian. Amin.
  • *      Jika Abdullah bin Abbas ra. Mendengar suara adzan, maka beliau akan menangis sehingga sorbannya basah kuyup, urat-uratnya akan timbul, dan matanya kan memerah. Seseorang berkata kepadanya, “Kamu mendengar suara adzan yang biasa, yang tidak ada pengaruh apa-apanya, mengapa kamu sangat khawatir?”Jawab beliau, “ andaikan  manuasia mengetahui apa-apa yang sedang dikumandangkan oleh muadzin itu maka ia tidak akan dapat tidur dan beristirahat dengan tenang. Kantuknya pun akan hilang. “ kemudian beliau menjelaskan makna setiap kalimat adzan secara detail.
  • *      Uwais qarni rah.a. seorang syaikh yang terkenal, dan seorang tabiin yang utama, kadang-kadang beliau ruku’ sepanjang malam, dan kadang-kadang sujud saja sepanjang malam. Asham rah.a. bertanya kepada hakim Zaid balkhi rah.a. “bagaimanakah kamu mengerjakan shalat?” beliau menjawab” pertama-tama saya berwudu dengan penuh ketenangan dan betul-betul sempurna, lalu setelah sampai di tempat shalat, saya akan berdiri dengan tenang, seolah-olah ka’bah berada di depanku shirat berada di bawah kaki ku, surga berada di sebelah kananku, dasn neraka disebelah kiriku, seolah-olah malaikat pencabut nyawa berada diatas kepalaku, dan aku merasa bahwa ini adalah shalatku yang terakhir, mungkin tidak ada lagi shalat bagiku.dan hanya Allah sajalah yang tahu benar keadaan hatiku. Lalu, dengan penuh keagungan, aku ucapkan takbir, dasn membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan menghati maknanya. Dengan penuh tawaddu aku ruku’, dan aku sujud dengan penuhn rasa hina, kemudian aku selesaikan shalatku dengan penuh ketenangan. Lalu dengan penuh harapan aku mengharap semoga Allah swt. Dengan rahmat-Nya menerima shalatku, dan dengan rasa takut serta khawatir jika Allah swt menolak ibadahku. “Asham bertanya,”berapa lama engkau telah kerjakan shalat seperti itu?”hatim rah.a. menjawab,”sudah tiga puluh tahun.”mendengar hal itu Asham rah.a. menangis dan berkata,”saya belum pernah shalat seperti itu!”
  • *      Ada salah satu sahabat yang tangannya terluka  ,perlu di potong. Teman-temannya berencana akan memotongnya ketika beliau sedang shalat, sehingga beliau tidak mengetahui. Kemudian ketika beliau sedang shalat, dipotonglah anggota badannya yang terluka tadi. Dan beliau betul-betul tidak merasakannya.
  • *      Diceritakan dalam kitab ‘Bahjatun Nufus’, ada seseorang yang mengunjungi seorang syaikh. Ketika dia tiba, syaikh tersebut sedang sibuk shalat dzuhur, dia pun menunggu sambil duduk. Ketika syaikh tadi selesai shalat dzuhur, maka beliau pun meneruskan dengan menyibukkan dirinya dengan shalat-shalat sunnah. Beliau shalat sunnah hingga datang waktu ashar. Maka dia pun terus menunggu sambil duduk. Setelah selesai shalat sunnah, beliau pun meneruskan dengan shalat ashar. selesai shalat ashar beliau beliau menyibukkan diri dengan berdo’a kepada Allah swt. Hingga datang waktu magrib. Beliaun shalat maghrib, dan setelah itu beliau pun menyibukkan kembali dengan shalat-shalat sunnah hingga tiba waktu isya. Dia pun masih terus menunggu. Setelah selesai  shalat isya beliau pun berdiri lagi dan shalat sunnah hingga tiba waktu subuh. Setelah shalat subuh, beliau menyibukkan diri dengan berdzikir kepada Allah swt. Beliau terus duduk diatas sajadahnya. Jika matanya mengantuk maka beliau akan segera bangun dan membaca do’a istighfar bertaubat kepada Allah swt., ”Audzubillahi min’ainin latasyba’u minan naum” aku berlindung kepada Allah dari mata yang tidak dikenyangkan oleh kantuk.

0 comments:

Pasang Emoticon !

Post a Comment

daftar isi

Seputar sejarah

Powered by Blogger.

Tips2 menarik

Blog Archive

Sudah tahukah anda???